PENGEMBANGAN APLIKASI PEMINJAMAN ASET DI PT.MEDIA
BISNIS INDONESIA
MATA KULIAH PEMROGRAMAN II
DISUSUN
OLEH : KELOMPOK 1
·
Ayuningtyas
Putri M - 1710xxxxxxxx
FAKULTAS TEKNIK
TEKNIK INFORMATIKA
Universitas
Pamulang Viktor
Jl.
Raya Puspitek No 46 Buaran Serpong Telp (021) 7412566
KATA PENGANTAR
Assalammualaikum.wr.wb
Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kepada
Allah Subhanahu wata’ala, karena atas limpahan berkah, rahmat, dan hidayah-Nya
akhirnya kami dapat menyelesaikan rancangan sistem berikut aplikasinya dengan
studi kasus “ Peminjaman Aset Di Perusahhaan Media Bisnis Indonesia “ . Shalawat
dan salam tak lupa kami sampaikan kepada junjungan Nabi kita Muhammad SAW,
keluarga, dan para sahabatnya.
Tujuan buat aplikasi dan rancangan ini untuk
memenuhi tugas mata kuliah Pemrograman 2 oleh dosen ibu Yulianti di Semester 6 dengan
program studi teknik informatika di Universitas Pamulang Viktor .Semoga rancangan dan aplikasi java yang
kelompok kami buat dapat menambah pengetahuan kita semua tentang aplikasi java
dan juga rancangan sistemnya.
Demikian rancangan sisitem ini kami buat, semoga
dapat bermanfaat bagi kita semua dan kami mohon maaf jika di dalam tulisan ini
masih terdapat kekurangan yang mungkin kami belum dapat menjelaskannya secara
detail mengenai aspek-aspek yang ada dalam makalah ini. Sekian dan terimakasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Jakarta, 4
Januari 2020
Kelompok
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................... 2
DAFTAR ISI.......................................................................................................... 3
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................. 4
1.1 Latar Belakang............................................................................... 4
1.2 Rumusan Masalah.......................................................................... 4
1.3 Tujuan............................................................................................ 5
BAB II PEMBAHASAN.................................................................................. 6
2.1 Diagram UML................................................................................ 6
2.2 MySQL.......................................................................................... 7
2.3 Netbeans........................................................................................ 7
2.4 Bahasa Pemrograman Java............................................................. 7
2.5 Enterprise Architect....................................................................... 7
BAB III PERANCANGAN APLIKASI.......................................................... 8
3.1 Metode Perencanaan Basis Data.................................................... 8
3.2 Metode Perancangan Sistem........................................................ 10
3.4 Perancangan Sistem..................................................................... 12
3.5 Rancangan Database.................................................................... 17
3.6 Rancangan User Interface............................................................ 19
3.7 Perancangan Input dan Implementasinya.................................... 19
BAB IV KESIMPULAN................................................................................. 24
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Hampir semua perusahaan memiliki aset berupa benda
yang dapat dipinjamkan oleh karyawan untuk keperluan operasional seperti
kendaraan motor dan mobil, ruang meeting, peralatan kantor dan sebagainya.
Namun saat ini masih banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan pencatatan
peminjaman aset perusahaan secara manual, yaitu dengan menggunakan buku
pencatatan peminjaman barang atau mengisi form peminjaman barang yang kemudian
dipindahkan ke program Microsoft Excel. Karena masih menerapkan sistem
peminjaman aset perusahaan secara manual, maka akan timbul masalah yaitu
efisiensi proses peminjaman dan lamanya proses pelaporan data.
Aplikasi yang kami buat merupakan sebuah teknologi
yang dapat digunakan untuk penginputan peminjaman aset perusahaan, salah satu
kelebihan yang dimiliki aplikasi kami adalah data yg di inputkan terkoneksi
langsung dengan database dan memiliki konsep MVC , CRUD sehingga data lebih
mudah di akses dan minim masalah dalam memanipulasi data
1.2 Rumusan Masalah
Untuk memfokuskan rancangan sistem ini , maka
digunakan batasan masalah sebagai berikut:
·
Pemasukan data aset dan karyawan
·
Peminjaman aset perusahaan yang
dilakukan oleh karyawan
·
Pengelolaan data dan penginputan
data yang di lakukan oleh petugas aset
1.3 Tujuan
Adapun maksud dan tujuan rancangan dan aplikasi yang
diakukan ini adalah sebagai berikut :
·
Untuk memudahkan pegawai dalam
melakukan pengawasan, pendataan yang relavan, sehingga cost yang berlebihan
dapat dihindari.
·
Memberikan kemudahan dalam
penyajian data aset perusahaan
·
Memudahkan pengolahan data
peminjaman aset dengan menggunakan aplikasi java
·
Memberikan informasi mengenai aset
yang dimiliki perusahaan.
·
Untuk dapat menganalisa dan menerapkan
ilmu yang diperoleh di bangku kuliah
·
Untuk menyelesaikan tugas
matakuliah Pemrograman 2 oleh dosen ibu Yulianti
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Diagram UML
1.
Use Case
Use case merupakan pemodelan yang menggambarkan
interaksi antara satu atau lebih aktor yang akan dibuat serta menekankan pada
fungsionalitas dari sistem informasi tersebut
2.
Activity Diagram
Activity diagram menggambarkan berbagai alur
aktifitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana setiap alir berawal,
decision dan akhir dari suatu aktifitas. Activity diagram juga dapat
menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi
3.
Sequence Diagram
Sebuah diagram yang menggambarkan interaksi antar
objek di dalam sebuah sistem. Interaksi berupa pesan yang digambarkan terhadap
waktu. Sequence diagram terdiri dari dimensi horizontal (objek-objek) dan
dimensi vertikal (waktu)
4.
Class Diagram
Class diagram menggambarkan struktur sistem dari
segi pendefinisian kelas-kelas yang akan dibuat untuk membangun suatu sistem,
setiap class diagram memiliki atribut dan metode.
2.2 MySQL
MySQL merupakan database yang paling digemari di
kalangan programmer web, dengan alasan bahwa program ini merupakan database
yang sangat kuat dan cukup stabil untuk digunakan sebagai media penyimpanan
data. Sebagai sebuah database server yang mampu untuk memanajemen database
dengan baik, MySQL terhitung merupakan database yang paling digemari dan paling
banyak digunakan dibanding database lainnya
2.3 Netbeans
NetBeans adalah suatu serambi pengembangan perangkat lunak yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java. Serambi Pada NetBeans, pengembangan suatu
aplikasi dapat dilakukan dimulai dari setelan perangkat lunak modular bernama modules.
Aplikasi
NetBeans IDE ini diperuntukkan bagi pengembangan
dalam Java. Dan aplikasi
ini juga mendukung program-program pembuatan bahasa lain secara khusus seperti PHP, C/C++ dan HTML5.
2.4 Bahasa Pemrograman Java
Java adalah bahasa pemrograman yang multi platform dan multi device.
Sekali anda menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java, anda
dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java,
dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya.
2.5 Enterprise Architect
Enterprise Architecture adalah proses menerjemahkan visi dan strategi suatu bisnis ke
perubahan yang lebih efektif dengan cara membuat, mengomunikasikan, dan
meningkatkan kebutuhan kunci, prinsip dan model yang mendeskripsikan keadaan
perusahaan pada masa depan dan memastikan perusahaan untuk berevolusi menjadi
lebih baik
BAB III
PERANCANGAN APLIKASI
3.1 Metode Perencanaan Basis Data
1. Relasi
Relasi Antar Tabel dalam
Database. Mempunyai pengertian “Setiap baris data pada tabel pertama
dihubungkan hanya ke satu baris data pada tabel ke dua”. Contohnya : relasi
antara tabel mahasiswa dan tabel orang tua. Satu baris mahasiswa hanya
berhubungan dengan satu baris orang tua begitu juga sebaliknya.
2. Normalisasi
normalisasi adalah untuk
menghilangkan dan mengurangi redudansi data dan tujuan yang kedua adalah
memastikan dependensi data (Data berada pada tabel yang tepat). Jika data dalam
database tersebut belum di normalisasi maka akan terjadi 3 kemungkinan yang
akan merugikan sistem secara keseluruhan.
a. Bentuk form (1NF)
Bentuk normal yang pertama atau 1NF mensyaratkan beberapa kondisi dalam sebuah database.
b. Bentuk form (2NF)
Syarat
untuk menerapkan normalisasi bentuk kedua ini adalah data telah dibentuk dalam
1NF.
c. Bentuk form (3NF)
Normalisasi
database dalam bentuk 3NF bertujuan untuk menghilangkan seluruh atribut atau
field yang tidak berhubungan dengan primary key. Dengan demikian tidak ada
ketergantungan transitif pada setiap kandidat key.
3.2 Metode Perancangan Sistem
Dalam tulisan ini, metodologi yang penulis gunakan
adalah metodologi MVC ( Model , View , Controller )
MVC
(Model-View-Controller) adalah
sebuah metode dalam membuat aplikasi dengan memisahkan pengembangan aplikasi
berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi
data, antarmuka pengguna, dan bagian yang menjadi kontrol utama aplikasi.
Model, bukan sebuah database tetapi merupakan bagian
(fungsi-fungsi) yang berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi
data seperti memasukkan data, pembaruan data, hapus data, dan lain-lain, namun
tidak dapat berhubungan langsung dengan bagian view.
View, merupakan bagian yang mengatur tampilan ke
pengguna. Pada suatu aplikasi web bagian ini biasanya berupa file template
HTML, yang diatur oleh controller. View berfungsi untuk menerima
dan merepresentasikan data kepada pengguna. Bagian ini tidak memiliki akses
langsung terhadap bagian model.
Controller, merupakan bagian yang mengatur hubungan
antara bagian model dan bagian view, controller berfungsi
untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang
akan diproses oleh aplikasi.
3.4 Perancangan Sistem
Aplikasi yang akan dikembangkan adalah aplikasi
pengelolaan data peminjaman aset perusahaan berbasis java menggunakan netbeans
yang menghasilkan aplikasi Excutable ( EXE ) untuk windows yang nantinya
aplikasi tersebut dikelola oleh seorang administrator.
1.
Usecase Diagram
2.
Class Diagram
Setelah kita membuat usecase diagram, langkah
selanjutnya adalah membuat Class Diagram berdasarkan usecase diagram tersebut.
Class diagram ini harus berisikan objek-objek yang terdapat di dalam sistem
peminjaman aset perusahaan
3.
Activity Diagram
Pada bagian ini dijelaskan mengenai urutan proses
sistem yang akan dibuat melalui activity diagram berdasarkan masing-masing use
case
a. Activity Diagram Log in
b. Mengelola Data Karyawan
c. Mengelola Data Aset
d. Mengelola Transaksi Peminjaman
e. Mengelola Laporan Peminjaman
3.5 Rancangan Database
Pada
bagian ini dijelaskan mengenai perancangan database yang digunakan pada sistem
peminjaman aset perusahaan berbasis java MVC dan OOP.
Dalam database
yang kami rancang dari aplikasi ini terdiri dari 4 tabel yang terdiri dari :
Didalam 4 tabel
tersebut terdiri dari beberapa field/record yang akan merepsentasikan program
ini,
1. tbadmin
Keterangan : table ini akan
digunakan untuk login aplikasi pertama kali.
2. tbdataaset
Keterangan : field/record untuk
data barang yang di miliki dan di pinjamkan kepada karyawan.
3. tbkaryawan
Keterangan : field/record ini digunakan untuk input data karyawan yang
ingin meminjam aset kantor.
4. tbtransaksi
Keterangan : field/record ini digunakan untuk laporan hasil transaksi
peminjaman asset kantor.
3.6 Rancangan User Interface
Perancangan halaman aplikasi merupakan hal penting
yang perlu dipertimbangkan. Sebagai gambaran desain sistem pengelolaan data
peminjaman aset perusahhaan di media Bisnis Indonesia Jakarta Pusat
3.7 Perancangan Input dan Implementasinya
Pada bagian ini dijelaskan mengenai perancangan input Desain.
1.
Login
Untuk bisa menggunakan sistem ini user harus
melakukan login terlebih dahulu. Rancangan login adalah seperti terlihat pada
gambar di bawah ini
2.
Input Aset dan Tabel
Form ini digunakan untuk menambah aset petugas dapat
melihat seluruh nama aset yang ada melalui halaman ini. Halaman ini berisi
master tabel aset terdapat link-link untuk melakukan input, edit dan delete.
Hasil implementasi master kategori aset adalah seperti gambar dibawah ini.
3.
Input Karyawan dan Tabel
Form ini digunakan untuk menambah data karyawan yang
bisa meminjam aset di perusahaan petugas dapat melihat seluruh nama aset yang
ada melalui halaman ini. Halaman ini berisi master tabel karyawan terdapat
link-link untuk melakukan input, edit dan delete. Hasil implementasi master
kategori aset adalah seperti gambar dibawah ini.
4.
Input Peminjaman dan Transaksi
Form ini digunakan untuk menambah data karyawan yang
bisa meminjam aset di perusahaan lalu petugas dapat melihat seluruh data peminjaman
aset perusahaan yang ada melalui halaman ini. Halaman ini berisi data
peminjaman aset perusahaan dimana terdapat link-link untuk melakukan update
data. Hasil implementasi data peminjaman aset perusahaan adalah seperti gambar
dibawah ini.
5.
Laporan peminjaman aset
Halaman ini berisi laporan data peminjaman
perusahaan yang dapat dicetak. Hasil implementasi laporan peminjaman aset
perusahaan adalah seperti gambar dibawah ini
6.
Nama Kelompok
Halaman
ini berisi nama kelompok kami dan tugas apa saja yang kami kerjakan serta
pembagian tugas dari semua team agar dapat menjadi sebuah aplikasi dapat di
gunakan
BAB IV
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil analisa, perancangan dan
implementasi yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai
berikut:
1.
Sistem Informasi peminjaman aset
yang dibuat dapat membantu pekerjaan administrasi menjadi lebih mudah
2.
Dengan adanya aplikasi ini data
aset perusahaan menjadi lebih terkomputerisasi, proses peminjaman dan laporan
aset perusahaan dapat mudah disajikan
3.
Pegawai sebagai peminjam aset
dapat dengan mudah memperoleh informasi data aset perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar