Kamis, 27 Februari 2020

Membuat Aplikasi Peminjaman Sederhana Mengunakan Netbeans







PENGEMBANGAN APLIKASI PEMINJAMAN ASET DI PT.MEDIA BISNIS INDONESIA

MATA KULIAH PEMROGRAMAN II


DISUSUN OLEH : KELOMPOK 1

·        Ayuningtyas Putri M           -        1710xxxxxxxx

FAKULTAS TEKNIK
TEKNIK INFORMATIKA
Universitas Pamulang Viktor
Jl. Raya Puspitek No 46 Buaran Serpong Telp (021) 7412566


KATA PENGANTAR


Assalammualaikum.wr.wb

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kepada Allah Subhanahu wata’ala, karena atas limpahan berkah, rahmat, dan hidayah-Nya akhirnya kami dapat menyelesaikan rancangan sistem berikut aplikasinya dengan studi kasus “ Peminjaman Aset Di Perusahhaan Media Bisnis Indonesia “ . Shalawat dan salam tak lupa kami sampaikan kepada junjungan Nabi kita Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.

Tujuan buat aplikasi dan rancangan ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemrograman 2 oleh dosen ibu Yulianti di Semester 6 dengan program studi teknik informatika di Universitas Pamulang Viktor  .Semoga rancangan dan aplikasi java yang kelompok kami buat dapat menambah pengetahuan kita semua tentang aplikasi java dan juga rancangan sistemnya.

Demikian rancangan sisitem ini kami buat, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan kami mohon maaf jika di dalam tulisan ini masih terdapat kekurangan yang mungkin kami belum dapat menjelaskannya secara detail mengenai aspek-aspek yang ada dalam makalah ini. Sekian dan terimakasih. Wassalamualaikum Wr.Wb


Jakarta, 4 Januari 2020


Kelompok      

 
 

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR.......................................................................................... 2
DAFTAR ISI.......................................................................................................... 3
BAB I     PENDAHULUAN.................................................................................. 4
1.1         Latar Belakang............................................................................... 4
1.2         Rumusan Masalah.......................................................................... 4
1.3         Tujuan............................................................................................ 5
BAB II        PEMBAHASAN.................................................................................. 6
2.1         Diagram UML................................................................................ 6
2.2         MySQL.......................................................................................... 7
2.3         Netbeans........................................................................................ 7
2.4         Bahasa Pemrograman Java............................................................. 7
2.5         Enterprise Architect....................................................................... 7
BAB III      PERANCANGAN APLIKASI.......................................................... 8
3.1         Metode Perencanaan Basis Data.................................................... 8
3.2         Metode Perancangan Sistem........................................................ 10
3.4         Perancangan Sistem..................................................................... 12
3.5         Rancangan Database.................................................................... 17
3.6         Rancangan User Interface............................................................ 19
3.7         Perancangan Input dan Implementasinya.................................... 19
BAB IV      KESIMPULAN................................................................................. 24




BAB I       
PENDAHULUAN


1.1          Latar Belakang

Hampir semua perusahaan memiliki aset berupa benda yang dapat dipinjamkan oleh karyawan untuk keperluan operasional seperti kendaraan motor dan mobil, ruang meeting, peralatan kantor dan sebagainya. Namun saat ini masih banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan pencatatan peminjaman aset perusahaan secara manual, yaitu dengan menggunakan buku pencatatan peminjaman barang atau mengisi form peminjaman barang yang kemudian dipindahkan ke program Microsoft Excel. Karena masih menerapkan sistem peminjaman aset perusahaan secara manual, maka akan timbul masalah yaitu efisiensi proses peminjaman dan lamanya proses pelaporan data.
Aplikasi yang kami buat merupakan sebuah teknologi yang dapat digunakan untuk penginputan peminjaman aset perusahaan, salah satu kelebihan yang dimiliki aplikasi kami adalah data yg di inputkan terkoneksi langsung dengan database dan memiliki konsep MVC , CRUD sehingga data lebih mudah di akses dan minim masalah dalam memanipulasi data

1.2          Rumusan Masalah

Untuk memfokuskan rancangan sistem ini , maka digunakan batasan masalah sebagai berikut:
·         Pemasukan data aset dan karyawan  
·         Peminjaman aset perusahaan yang dilakukan oleh karyawan
·         Pengelolaan data dan penginputan data yang di lakukan oleh petugas aset


1.3          Tujuan

Adapun maksud dan tujuan rancangan dan aplikasi yang diakukan ini adalah sebagai berikut :

·         Untuk memudahkan pegawai dalam melakukan pengawasan, pendataan yang relavan, sehingga cost yang berlebihan dapat dihindari.
·         Memberikan kemudahan dalam penyajian data aset perusahaan
·         Memudahkan pengolahan data peminjaman aset dengan menggunakan aplikasi java
·         Memberikan informasi mengenai aset yang dimiliki perusahaan.
·         Untuk dapat menganalisa dan menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah
·         Untuk menyelesaikan tugas matakuliah Pemrograman 2 oleh dosen ibu Yulianti




BAB II        
PEMBAHASAN

2.1          Diagram UML

1.      Use Case
Use case merupakan pemodelan yang menggambarkan interaksi antara satu atau lebih aktor yang akan dibuat serta menekankan pada fungsionalitas dari sistem informasi tersebut

2.      Activity Diagram
Activity diagram menggambarkan berbagai alur aktifitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana setiap alir berawal, decision dan akhir dari suatu aktifitas. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi

3.      Sequence Diagram
Sebuah diagram yang menggambarkan interaksi antar objek di dalam sebuah sistem. Interaksi berupa pesan yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri dari dimensi horizontal (objek-objek) dan dimensi vertikal (waktu)

4.      Class Diagram
Class diagram menggambarkan struktur sistem dari segi pendefinisian kelas-kelas yang akan dibuat untuk membangun suatu sistem, setiap class diagram memiliki atribut dan metode.


2.2          MySQL

MySQL merupakan database yang paling digemari di kalangan programmer web, dengan alasan bahwa program ini merupakan database yang sangat kuat dan cukup stabil untuk digunakan sebagai media penyimpanan data. Sebagai sebuah database server yang mampu untuk memanajemen database dengan baik, MySQL terhitung merupakan database yang paling digemari dan paling banyak digunakan dibanding database lainnya

2.3          Netbeans

NetBeans adalah suatu serambi pengembangan perangkat lunak yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java. Serambi Pada NetBeans, pengembangan suatu aplikasi dapat dilakukan dimulai dari setelan perangkat lunak modular bernama modules. Aplikasi NetBeans IDE ini  diperuntukkan bagi pengembangan dalam Java. Dan aplikasi ini juga mendukung program-program pembuatan bahasa lain secara khusus seperti PHP, C/C++ dan HTML5.

2.4          Bahasa Pemrograman Java

Java adalah bahasa pemrograman yang  multi platform dan multi device. Sekali anda menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java, anda dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya.

2.5          Enterprise Architect

Enterprise Architecture adalah proses menerjemahkan visi dan strategi suatu bisnis ke perubahan yang lebih efektif dengan cara membuat, mengomunikasikan, dan meningkatkan kebutuhan kunci, prinsip dan model yang mendeskripsikan keadaan perusahaan pada masa depan dan memastikan perusahaan untuk berevolusi menjadi lebih baik




BAB III              
PERANCANGAN
APLIKASI


3.1          Metode Perencanaan Basis Data

1.      Relasi
Relasi Antar Tabel dalam Database. Mempunyai pengertian “Setiap baris data pada tabel pertama dihubungkan hanya ke satu baris data pada tabel ke dua”. Contohnya : relasi antara tabel mahasiswa dan tabel orang tua. Satu baris mahasiswa hanya berhubungan dengan satu baris orang tua begitu juga sebaliknya.

2.      Normalisasi
normalisasi adalah untuk menghilangkan dan mengurangi redudansi data dan tujuan yang kedua adalah memastikan dependensi data (Data berada pada tabel yang tepat). Jika data dalam database tersebut belum di normalisasi maka akan terjadi 3 kemungkinan yang akan merugikan sistem secara keseluruhan.
a.       Bentuk form (1NF)



Bentuk normal yang pertama atau 1NF mensyaratkan beberapa kondisi dalam sebuah database.



b.      Bentuk form (2NF)
Syarat untuk menerapkan normalisasi bentuk kedua ini adalah data telah dibentuk dalam 1NF.




c.       Bentuk form (3NF)
Normalisasi database dalam bentuk 3NF bertujuan untuk menghilangkan seluruh atribut atau field yang tidak berhubungan dengan primary key. Dengan demikian tidak ada ketergantungan transitif pada setiap kandidat key.

3.2          Metode Perancangan Sistem

Dalam tulisan ini, metodologi yang penulis gunakan adalah metodologi MVC ( Model , View , Controller )
MVC (Model-View-Controller) adalah sebuah metode dalam membuat aplikasi dengan memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, antarmuka pengguna, dan bagian yang menjadi kontrol utama aplikasi.
Model, bukan sebuah database tetapi merupakan bagian (fungsi-fungsi) yang berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data seperti memasukkan data, pembaruan data, hapus data, dan lain-lain, namun tidak dapat berhubungan langsung dengan bagian view.
View, merupakan bagian yang mengatur tampilan ke pengguna. Pada suatu aplikasi web bagian ini biasanya berupa file template HTML, yang diatur oleh controller. View berfungsi untuk menerima dan merepresentasikan data kepada pengguna. Bagian ini tidak memiliki akses langsung terhadap bagian model.
Controller, merupakan bagian yang mengatur hubungan antara bagian model dan bagian view, controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.




3.4          Perancangan Sistem

Aplikasi yang akan dikembangkan adalah aplikasi pengelolaan data peminjaman aset perusahaan berbasis java menggunakan netbeans yang menghasilkan aplikasi Excutable ( EXE ) untuk windows yang nantinya aplikasi tersebut dikelola oleh seorang administrator.

1.      Usecase Diagram

2.      Class Diagram
Setelah kita membuat usecase diagram, langkah selanjutnya adalah membuat Class Diagram berdasarkan usecase diagram tersebut. Class diagram ini harus berisikan objek-objek yang terdapat di dalam sistem peminjaman aset perusahaan
 

3.      Activity Diagram
Pada bagian ini dijelaskan mengenai urutan proses sistem yang akan dibuat melalui activity diagram berdasarkan masing-masing use case
a.       Activity Diagram Log in
 
b.      Mengelola Data Karyawan
c.       Mengelola Data Aset
d.      Mengelola Transaksi Peminjaman
e.       Mengelola Laporan Peminjaman
 

3.5          Rancangan Database

Pada bagian ini dijelaskan mengenai perancangan database yang digunakan pada sistem peminjaman aset perusahaan berbasis java MVC dan OOP.
Dalam database yang kami rancang dari aplikasi ini terdiri dari 4 tabel yang terdiri dari :
Didalam 4 tabel tersebut terdiri dari beberapa field/record yang akan merepsentasikan program ini,
1.       tbadmin
Keterangan : table ini akan digunakan untuk login aplikasi pertama kali.
2.       tbdataaset
Keterangan : field/record untuk data barang yang di miliki dan di pinjamkan kepada karyawan.
3.        tbkaryawan
Keterangan : field/record ini digunakan untuk input data karyawan yang ingin meminjam aset kantor.
4.       tbtransaksi
Keterangan : field/record ini digunakan untuk laporan hasil transaksi peminjaman asset kantor.




3.6          Rancangan User Interface

Perancangan halaman aplikasi merupakan hal penting yang perlu dipertimbangkan. Sebagai gambaran desain sistem pengelolaan data peminjaman aset perusahhaan di media Bisnis Indonesia Jakarta Pusat


3.7          Perancangan Input dan Implementasinya

Pada bagian ini dijelaskan mengenai perancangan input Desain.
1.      Login
Untuk bisa menggunakan sistem ini user harus melakukan login terlebih dahulu. Rancangan login adalah seperti terlihat pada gambar di bawah ini

 


2.      Input Aset dan Tabel
Form ini digunakan untuk menambah aset petugas dapat melihat seluruh nama aset yang ada melalui halaman ini. Halaman ini berisi master tabel aset terdapat link-link untuk melakukan input, edit dan delete. Hasil implementasi master kategori aset adalah seperti gambar dibawah ini.



3.      Input Karyawan dan Tabel
Form ini digunakan untuk menambah data karyawan yang bisa meminjam aset di perusahaan petugas dapat melihat seluruh nama aset yang ada melalui halaman ini. Halaman ini berisi master tabel karyawan terdapat link-link untuk melakukan input, edit dan delete. Hasil implementasi master kategori aset adalah seperti gambar dibawah ini.


4.      Input Peminjaman dan Transaksi
Form ini digunakan untuk menambah data karyawan yang bisa meminjam aset di perusahaan lalu petugas dapat melihat seluruh data peminjaman aset perusahaan yang ada melalui halaman ini. Halaman ini berisi data peminjaman aset perusahaan dimana terdapat link-link untuk melakukan update data. Hasil implementasi data peminjaman aset perusahaan adalah seperti gambar dibawah ini.



5.      Laporan peminjaman aset
Halaman ini berisi laporan data peminjaman perusahaan yang dapat dicetak. Hasil implementasi laporan peminjaman aset perusahaan adalah seperti gambar dibawah ini

6.      Nama Kelompok
Halaman ini berisi nama kelompok kami dan tugas apa saja yang kami kerjakan serta pembagian tugas dari semua team agar dapat menjadi sebuah aplikasi dapat di gunakan


BAB IV              
KESIMPULAN


Berdasarkan hasil analisa, perancangan dan implementasi yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

1.      Sistem Informasi peminjaman aset yang dibuat dapat membantu pekerjaan administrasi menjadi lebih mudah

2.      Dengan adanya aplikasi ini data aset perusahaan menjadi lebih terkomputerisasi, proses peminjaman dan laporan aset perusahaan dapat mudah disajikan

3.      Pegawai sebagai peminjam aset dapat dengan mudah memperoleh informasi data aset perusahaan.





 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar